Senin, 02 Juli 2012

Cara Membuat Ekstrak Daun Pandan Alami

Secara praktisnya, aroma wangi pandan bisa diperoleh dari penggunaan pasta atau esens pandan. Tetapi apabila anda memiliki tanaman pandan di rumah akan lebih baik jika memanfaatkannya. Selain lebih alami, aromanya juga lebih kuat. Berikut adalah tips dan cara membuatnya berdasarkan pengalaman pribadi.

Peralatan dan Bahan: 
20 lembar daun pandan tua, potong-potong, bersihkan. Bila ingin warnanya lebih pekat lagi, tambahkan 5 lembar daun suji. Tetapi bagi saya daun pandan saja sudah cukup menarik warnanya.
Air secukupnya
Blender
Saringan
Gelas
Plastik segitiga atau plastik kaca

    Ekstrak yang diinapkan beberapa jam (ditandai panah)

 Keesokan harinya (setelah semalaman) diperoleh ekstrak yang pekat.

Cara membuat:
1. Masukkan daun pandan ke dalam tabung blender, tambahkan sedikit air. Blender hingga halus.
2. Peras dan saring airnya, masukkan jus pandan ke dalam plastik segitiga. Ikat bagian atasnya.
3. Letakkan di dalam gelas dengan posisi berdiri, bagian runcing plastik dibagian dasar gelas. Biarkan semalaman di dalam kulkas.
4. Keluarkan, anda akan melihat ekstrak pandan yang paling hijau mengendap pada bagian bawah plastik, volumenya memang hanya sekitar 4 - 5 sdm, tetapi ekstrak yang sedikit inilah yang akan memberikan aroma yang kuat pada kue.
5. Bila ingin mengeluarkannya, cukup gunting sedikit ujung plastik dan tampung aliran ekstrak. Hentikan dan tutup ujung plastik bila semua ekstrak yang paling hijau tersebut telah keluar.
Cara mudah lainnya adalah dengan memasukkan jus pandan yang telah diinapkan semalaman tadi ke dalam freezer dengan posisi ujung plastik di bagian bawah. Setelah beku potong dan ambil ekstrak bagian warna paling hijau, tunggu hingga mencair pada suhu ruang. Siap dipakai.

4 komentar:

Al Chizu mengatakan...

simple yaa

mila_faemom mengatakan...

simple & mudah^^

Lavina Safitri mengatakan...

kalo untuk memberi warna pada klepon bisa gak? terus apa tampilannya akan tetap menarik?

mila_faemom mengatakan...

tetap cantik walaupun tidak pekat, warnanya hijau soft