Minggu, 21 Oktober 2012

Tips Menggulung Roll Cake/Cake Gulung/Bolu Gulung

  
Berikut tips menggulung cake roll atau bolu gulung bagi pemula, semoga bermanfaat.

Bahan dan peralatan:
Cake matang yang akan digulung, masih panas/baru keluar dari oven
Dusting sugar/gula donat/icing sugar/gula halus secukupnya (optional)
Talenan persegi yang besar
Kain serbet bersih
Kertas roti seukuran cake
Filling cake (whipcream, butter cream, pasta/selai, dsb)

Cara penyelesaian:
1. Pastikan permukaan kue sudah kering, tidak berbunyi desisan dan tidak lengket saat dipegang.
2. Siapkan Talenan besar, taruh kain serbet diatasnya, taruh lagi kertas roti diatasnya. Jika perlu, taburi permukaan kain atau kertas roti dengan gula donat/gula halus supaya bagian luar kue tidak menempel pada saat kertas atau kain dibuka.
3. Balikkan cake dari loyang ke atas kertas roti yang sudah dibentangkan diatas talenan. Lepaskan kertas roti yang menempel pada cake.
4. Apabila sisi pinggiran cake yang akan digulung keras, potong/buang dengan menggunakan pisau. Bila pinggirnya lembut tidak perlu dipotong cukup ditekan-tekan sedikit supaya agak pipih dan memudahkan dalam menggulung cake.
5. Apabila filling yang digunakan tidak gampang lumer/meleleh, oleskan langsung ke permukaan cake yang masih panas sebelum digulung (selai/pasta). Mulailah menggulung dari sisi/pinggir yang dipotong/dipipihkan tadi dengan bantuan serbet, dorong perlahan, kertas roti dan serbetnya tidak perlu ikut tergulung ke dalam cake. Padatkan sebentar, dan teruskan menggulung hingga selesai. Rapatkan kedua bagian ujung kertas roti. Diamkan cake gulung tertutup oleh kertas roti hingga dingin.


6. Setelah dingin, buka kembali gulungan cake, olesi dengan bahan filling/isian (terutama untuk filling berbahan cream). Ujung bagian pertama digulung dengan olesan agak tebal, sedangkan untuk sisi yang jadi akhir gulungan olesi tipis saja agar hasilnya tidak berantakan dan meluber keluar dari gulungan.
7. Gulung kembali cake mengikuti arah gulungan sebelumnya. Sebaiknya diamkan cake di dalam lemari es selama 10-15menit sebelum dipotong agar fillingnya merekat sempuna dengan cake.
8. Untuk cake gulung yang menggunakan loyang zig-zag, lebih baik masukkan bahas isian atau filling ke dalam plastik segitiga yang telah dilubangi sesuai dengan ukuran lebar zig-zagnya. Selanjutnya, tinggal menyemprotkan bahan isian pada lubang zig-zag lalu ratakan dengan menggunakan pisau kecil atau ujung sendok dengan cara ditarik.
9. Untuk cake gulung bermotif, arah gulungannya tergantung pada letak motif. Apabila motif dibuat di permukaan adonan maka bagian yang digulung adalah bagian sebelah bawah cake, namun apabila motif dibuat di dasar loyang (sebelum adonan utama dituang) maka bagian yang digulung adalah bagian sebelah atas cake.
10. Supaya hasil potongan bagus dan rapi, gunakan pisau stainless steel yang sudah dicelupkan ke air panas atau pisau berbahan plastik.

Tidak ada komentar: