Minggu, 24 Februari 2013

Martabak Manis ~Ragi & Non-Ragi (Baking Soda)~

Berikut adalah 2 (dua) buah resep martabak, yaitu jenis martabak manis tanpa ragi (menggunakan baking soda saja) dan martabak bolu yang menggunakan ragi. Jujur sebenarnya yang saya suka itu martabak manis klasik yang tipis tanpa penambahan bahan pengembang seperti ragi ataupun baking powder, kalau disini atau kampung saya namanya martabak kubang (dari daerah Kubang, Payakumbuh). Sewaktu masih kecil, jenis martabak ini yang selalu dibelikan Papa saya, hampir setiap minggu, sampai kami bosan^^. Ya, orang tua saya tidak mengizinkan kami sering jajan makanan kemasan dan selalu mengarahkan pada cemilan tradisional. Jenis martabak kubang ini bentuknya tipis, padat, berisi kacang dan gula pasir (ada juga ketan hitam yang ditaburi kelapa parut tapi waktu kecil saya kurang suka). Rasanya memang manis sekali karena taburan gula pasirnya yang banyak. Sekarang, walaupun jenis martabak yang kulitnya tebal dan bersarang tinggi sudah menjamur tetapi yang klasik tetap pilihan favorit saya.
Martabak bolu, jenis yang tebal ini dibuat karena suami saya suka, pertama kali saya buat langsung berhasil, mengingat banyak pemula (yang saya baca) gagal mencoba membuatnya, mungkin karena saya terbiasa membuat dorayaki ya^^, pada dasarnya khan prinsipnya sama.

Martabak brownies dengan ragi (martabak bolu)

Martabak pandan tanpa ragi (pakai baking soda)

Perbedaan martabak bolu (dengan ragi) dan martabak tanpa ragi (pakai baking soda) adalah martabak bolu teksturnya lebih ringan, spongy mirip bolu, kalau dimakan malah seperti hilang dimulut (haha, karena kulitnya yang spongy itu) jadi melahap satu sampai dua potong pun masih belum kenyang, kecuali kalau isiannya tebal ya^^. Kalau dipotong melintang, tekstur serat atau sarangnya kurang rapi karena dorongan gas yang dihasilkan ragi-nya membabi buta tapi lembut banged loh!.
Martabak tanpa ragi yang hanya menggunakan baking soda ini persis seperti martabak-martabak bandung atau bangka yang di pinggir jalan, lebih padat dan kurang spongy sehingga lebih berasa kulitnya, kalau dimakan satu potong saja sudah terasa kenyang, kalau dipotong melintang, seratnya terlihat lebih rapi.


Martabak Brownies (Martabak Bolu Pakai Ragi)
(Source: Rina Audie)

Bahan:
250 gr tepung terigu serbaguna
1 sdm coklat bubuk
½ sdt bakingpowder
½ sdm ragi instan
400 ml susu cair hangat
50 gr margarin
50 gr dark cookong coklat (DCC), cincang kecil-kecil
2 butir telur ayam
3 sdm gula pasir
1½ sdt soda kue
Gula pasir secukupnya, untuk taburan

Isi (sesuai selera):
Margarin, susu kental manis, keju parut dan meises

Cara membuat:
1. Ayak jadi satu terigu, coklat bubuk dan baking powder, sisihkan.
2. Campur susu dan ragi instan sampai rata, sisihkan.
3. Lelehkan margarin dan dcc dengan cara ditim.
4. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang. Masukkan campuran susu dan ragi bergantian dengan campuran tepung. Kocok dengan speed rendah sampai rata. Terakhir masukkan campuran margarin dan dcc. Diamkan di tempat hangat selama 30 menit sampai mengembang.
5. Campur ½ sdt soda kue dan sedikit air, aduk rata. Tuangi dengan kurleb 275 ml adonan martabak. sisihkan.
6. Panaskan wajan martabak atau wajan anti lengket ukuran 22 cm menggunakan api sedang. Tuangkan adonan martabak+soda kue tadi, kecilkan apinya seketika supaya tidak gosong. Biarkan hingga permukaan martabak berlubang-lubang, taburi gula pasir.
7. Setelah lubang/pori yang terbentuk tinggal sedikit, tutup wajan supaya permukaan martabak mengering. Angkat martabak dari wajan.
8. Selagi panas olesi dengan margarin, susu kental manis, keju parut dan meises. Potong menjadi 2 bagian yang sama kemudian dilipat. Potong-potong martabak brownies kemudian sajikan.


Martabak Tanpa Ragi (Pakai Baking Soda)
(Source: aini.rumahatiku.com)

Bahan:
250 gr tepung terigu serbaguna, ayak
400 ml susu segar
1 btr telur
30 gr gula castor
½ sdt garam
½ sdt baking soda
Gula pasir secukupnya, untuk taburan
Pasta perasa pandan dan jeruk secukupnya (versi saya)

Isi (sesuai selera):
Margarin, selai jeruk, susu kental manis, keju dan meises

Cara membuat:
1. Campur semua bahan adonan martabak manis, kecuali baking soda. Aduk rata sampai halus dan licin (tambahkan sedikit air bila adonan terlalu kental), boleh disaring sampai tidak ada sisa gumpalan adonan. Tutup adonan & diamkan selama 1 jam  dalam suhu ruangan.
2. Siapkan loyang martabak atau wajan anti lengket. Panaskan wajan sampai merata panasnya. Sementara itu, campur baking soda dengan sedikit air, masukkan ke dalam adonan martabak manis. Aduk rata. Bagi adonan menjadi dua (versi saya), satu bagian di beri pasta pandan dan satunya lagi diberi pasta jeruk, masing-masing aduk rata.
3. Tuang sekitar 2-3 sendok sayur adonan martabak manis ke wajan yang panas. Ratakan adonan sambil digoyang-goyang. Kecilkan api, biarkan terbentuk pori-pori/gelembung-gelembung udara di permukaan adonan.
4. Taburi sedikit gula pasir, tutup, biarkan sampai permukaan martabak kering. Angkat. Oles dan taburi dengan bahan isi, tumpuk dengan lembaran martabak lainnya. Potong-potong dan sajikan selagi hangat.

15 komentar:

boes mengatakan...

salaam,
ko lai buliah ambo batanyo.
apakah ada perbedaan dlm pemakaian antara "BAKING SODA" dan "BAKING POWDER"?

tarimo kasih
boes di toronto

mila_faemom mengatakan...

Salam kembali..
Pada dasarnya baking soda dan baking powder sama2 agent pengembang, sama2 menghasilkan gas CO2 saat dipanggang.
Bedanya, baking soda lebih banyak dipakai utk membuat kue kering untuk memperoleh tekstur berongga dan garing,bila bereaksi dgn bahan2 yg ga' mengandung asam akan terasa getir di lidah. Sedangkan kalau baking powder merupakan baking soda yg sudah mengandung asam sehingga saat dipanggang reaksi yg terbentuk lebih netral, mengembang lebih bagus, biasa dipakai untuk membuat cake/bolu.
Lebih jelasnya bisa dibaca di sini: http://m.bogasari.com/Consumers/ViewTips.aspx?TipsTitle=apa-beda-baking-powder-dengan-baking-soda

Listiyana Winantan mengatakan...

Setengah sendok teh baking soda itu kira kira berapa gram ya? Terimakasih sebelum ya.

mila_faemom mengatakan...

sekitar 2 gram

Alif Yahya mengatakan...

tertarik untuk bikin.tp gak tau cara na.

Anggit Anggara mengatakan...

Mb itu kira" adonan ny hrs kental ap cair mb?

mila_faemom mengatakan...

@alif yahya
diatas sudah ada keterangan cara membuatnya, coba diikuti aja intruksi nya.. pasti bisa ^_^

@anggit
sedikit kental tapi ga begitu cair juga..gimana jelasinnya ya^^. adonannya kalau diaduk pake spatula agak berat tapi kalau spatula nya diangkat adonannya masih mengalir lancar jaya

embun salju mengatakan...

Mbk,kalo martabak manis hanya pake baking powder tanpa ( ragi,baking soda ) bisa g mbk.. Soalnya adonan g langsung habis..mohon jawabannya ya mbk

mila_faemom mengatakan...

saya belum pernah pakai baking powder untuk bikin martabak, tapi saya pakai baking powder untuk dorayaki, hasilnya lumayan bersarang juga. Saya ga' bisa beri jawaban pasti krn belum pernah nyoba, maaf ya..^^

nunung nurkholifah mengatakan...

Mbak, saya mau tanya

Setiap saya membuat martabak selalu keras di bagian bawah dan pinggir nya (tidak lembut). dan bantet/ tidak mengembang.
padahal sudah menggunakan baking soda, baking powder dan pelembut kue.apa yang salah dari bahan nya ?

Mohon penjelasannya..

disini saya tidak memakai ragi. karena adonan cepat basi.

Tks

mila_faemom mengatakan...

Maaf ya mba' Nunung, slow respond..
sepengalaman saya, martabak yang bantat karena pertama..pengadukan awal adonan yg kurang sempurna jadi masih ada butiran2 tepung atau bahan kering yg menendap. Saran saya, setelah semua adonan tercampur rata, saring kembali. Lalu yg kedua.. adonan keburu dituang ke wajan martabak/teflon padahal panasnya blm maksimal, hasilnya pori2 tdk terbentuk sempuna dan adonan mengendap di bawah. Semoga membantu...

Andi mengatakan...

Mbak,saya sudah cba membuat martabak semua bahan saya masukkan sprti tepung terigu,ragi,baking powder,soda kue,minyak,gula,susu cair atau bubuk,telur,vanili tpi koq hasilnya tetep sama aja seperti bolu teksturnya meskipun sya udah coba ga pake ragi and baking powder hasilnya juga tetep sama..salah dimna ya ya?

Andi mengatakan...

Mbak,saya sudah cba membuat martabak semua bahan saya masukkan sprti tepung terigu,ragi,baking powder,soda kue,minyak,gula,susu cair atau bubuk,telur,vanili tpi koq hasilnya tetep sama aja seperti bolu teksturnya meskipun sya udah coba ga pake ragi and baking powder hasilnya juga tetep sama..salah dimna ya ya?

V Surja mengatakan...

Mbak, saya udah ikutin cara ini tapi kenapa kok masih ga bisa ngembangbdan brrlubang2 ya. Api terlalu kecil dia ga bisa api sedang dia selalu gosong di bawah tapi mentah diatas. Bagaimana cara supaya keliatan berserat ya mba? Makasih

mila_faemom mengatakan...

@V Surja: Kemungkinan besar wajan nya kurang panas.