Kamis, 18 April 2013

Pizza Kilat dan Super Praktis (Tanpa Oven, Tanpa Ragi dan Tanpa Lama^^)

Kita bisa membuat pizza yang enak seperti yang ada di toko pizza walaupun hanya berbekal wajan anti lengket (teflon). Cocok utk anak kos-an yang suka eksperimen masakan. Sekali lagi ini bukan pizza "mie instan" khas anak kos yang sudah merakyat itu yah, ini pizza beneran dengan adonan roti pada base-nya. Untuk topping disesuaikan dengan isi kulkas dan lemari dapur, untuk topping daging-dagingannya saya bagi dua, topping bakso dan smoked beef.

Topping bakso

Topping smoked beef

Selain praktis, base pizza terasa empuk seperti yang di oven, pas sekali buat yang sarapan buru-buru, hehe.


Pizza Kilat dan Super Praktis (Tanpa Oven, Tanpa Ragi dan Tanpa Lama^^)

Bahan:
Dough:
140 gr tepung terigu protein sedang
1¼ sdt baking powder
¼ sdt garam
100 ml air
1 sdm minyak zaitun

Topping yang saya pakai (sesuai selera):
Saus bolognese kemasan, mayones, brokoli, smoked beef /daging asap, bakso, paprika merah, tomat cherry, keju slice/lembaran & keju cheddar.

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, baking powder dan garam
2. Tuangkan minyak dan air sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Uleni sebentar hingga agak kalis. Adonan memang agak lembek/basah, taburi telapak tangan dengan sedikit tepung agak tidak lengket di tangan. Bulatkan. Diamkan 30 menit dalam keadaan tertutup.
4. Siapkan wajan anti lengket, oles dengan margarin. Letakkan dough pizza di atasnya, tekan-tekan dengan jari hingga melebar ke seluruh permukaan hingga merata (saya buat tipis).
5. Oleskan saus dan mayones secukupnya secara merata, taburi dengan bahan topping lainnya yang diakhiri dengan taburan keju cheddar parut. Tutup atasnya.
6. Masak diatas api kecil 10 menit saja (kalau dough-nya tebal memakan waktu lebih lama). Pizza akan matang bila dough pinggiran pizza sudah terlihat mengering, bisa diuji dengan garpu. Angkat. Dinginkan sebentar karena topping masih basah oleh lelehan keju slice. Potong-potong. Sikaaatt! xD

60 komentar:

Anonim mengatakan...

knp aku bikin jadinya bantet ya? gak ada pori2nya gitu didalemnya. knp ya mbak?

mila_faemom mengatakan...

mungkin kurang lembek adonannya, coba ditambah lagi airnya. hasilnya lumayan empuk walaupun memang g' selembut & seempuk adonan pake ragi..

Ray Vanny mengatakan...

Makasih ya mba aku sering banget bikin pizza dari resep ini. Hasilnya enakk (y) ^^

carissa mengatakan...

Mbak saya pakai keju slice cheddar gak meleleh?

mila_faemom mengatakan...

saya pakai merk prochiz mba'.. mmg gak meleleh banged, sekedar lembek. Tapi kalau pakai yg merk kraft memang ga' meleleh

Unknown mengatakan...

minyak zaitunnya bisa diganti minyak goreng biasa?

mila_faemom mengatakan...

bisa..

Anonim mengatakan...

mba itu pan teflonnya mau ditutup? Atau biarin terbuka aj?

mila_faemom mengatakan...

seperti yg tertera di point ke-5, tertutup..

Anonim mengatakan...

itu untuk teflon diameter brp?

mila_faemom mengatakan...

ukuran 22 cm

Haqqi Faricha Ummu Mu'adz mengatakan...

Mbak.. kalau pakai tepung merek segitig* b*ru, bisa kah?
Terimakasih :)

mila_faemom mengatakan...

bisa, segitiga biru merupakan salah satu jenis tepung protein sedang

cheniaga wigunaII mengatakan...

Wah,trimakasih banget infonya,resepnya enak dan sangat membantu,trimakasih ^^

mila_faemom mengatakan...

makasi kembali Cheniaga^^.. senang sekali resep ini bisa jadi manfaat.

hani matus mengatakan...

Wooow... kudu nyoba nih. Btw kalo pk terigu protein tinggi bisa nggak ya? Apa yg membedakan?

mila_faemom mengatakan...

Sebaiknya pake protein sedang atau rendah aja, kuatir bantat karena ga' ada proses pengulenan

ninikrisanti mengatakan...

Anakku suka sekali makan pizza mau tak coba nanti di rumah,coz beli pizza terus bikin kantong jebol mahal bu..

mila_faemom mengatakan...

yup, bener mom.. hemat d ikantong sekaligus melatih kreatifitas ibu ny bwt bikin pizza dgn berganti2 topping sesuai seleera

Yusuf Fathurrahman mengatakan...

mba musik lagu jepang di blog mba keren nih, bikin semangat.. kalo boleh tau judulnya apa ya mba?

mila_faemom mengatakan...

Hoho.. makasi banyak yah, ini lagu anak2. Penyanyinya Mana Ashida, judulnya minna no happy birthday. Coba search di youtube, pasti ada^^. Pengennya nampang lagu2 metal Jepang sesuai favorit ku tetapi kuatir ibu2 yg mampir sport jantung duluan, xD

harumi berlianti mengatakan...

yaah..teflon dirumah gak ada tutupnya...kl pk tutup gak rapat bs gak ya mbak??

mila_faemom mengatakan...

Saya tidak bisa memastikan hasilnya mba' Harumi, mungkin mba' bisa mencoba setengah adonan dulu utk melihat hasilnya

widhy hastuti mengatakan...

saya sudah coba buat tapi gak bisa mengembang sempurna. Yg atas gak mau matang tp yg bawah malah kosong dan keras. Apa yg salah??
Bagaimana cara memperbaikinya???

mila_faemom mengatakan...

mungkin apinya masih kebesaran, coba dikecilin lagi. Bibir tutupnya bener-bener rapat ya (kecuali lubang keci di tutup teflon utk sirkulasi udara)

Tri Handayani Nur mengatakan...

Kalo pake oven apa harus ditutup juga teflon nya?

mila_faemom mengatakan...

Ga' perlu. Tapi kalo menggunakan oven ga' usah pake teflon, pakai loyang aja

Ervina Tsuchimikado mengatakan...

Selamat sore,,

sukses blognya, gan
bagus bloggernya.
saya copas untuk praktek ya.. hehe
terima kasih :D

Update selalu, gan
saya juga lagi nyari untuk resep Taiyaki sama Futomaki.
:D

ganbatte :D

Anonim mengatakan...

Resep praktis
Must try

Anonim mengatakan...

Sore mbak
Trimakasih sdh mau berbagi resep
Saya mau tny kl baking powder diganti dg ragi instant bs gak?

Vivi Cipta mengatakan...

must try
thank you sharing resepnya
pas banget lagi hunting menu roti-base yang ga pake bake :)

Fanda F mengatakan...

barusan bikin dan hasilnya enak banget
pizza nya empuk
nagih nih :9
thanks udah berbagi resepnya, kak

Puspita sari mengatakan...

Kak adonan na kog gk bsa di bulatin kak,????

mila_faemom mengatakan...

adonannya memang lembek dan ga bisa dibulatin

Unknown mengatakan...

Resepnya gmpang bgttt...hehee jadi pngen cobaa nanti drumaah.. thanks mb, udh sharing resepnya ^_^

prabowo cholis (TUGAS KULIAH) mengatakan...

Kalo saya pakaikan air ragi gag ada masalahkan ya kak?

mila_faemom mengatakan...

disini resepnya khusus bagi yang ga' bisa mengkonsumsi ragi, jadi kalau mau ditambahin ragi malah semakin bagus teksturnya..jadi singkat kata.. uhmm.. boleh, hehee

hanief nurul mengatakan...

Mbak mau tanya tekstur pizza yg udh jadi dalemnya kalo dipotong bentuknya gmna ya? Aku coba td pizza nya keras gitu. Apa karna masaknya ketebelan ya?

Unknown mengatakan...

mba aku ijin share resepnya di fbku blh ya, kmrn2 aku bwt n pajang2 hasilny d bbm eh byk yg ngiler mnta resepnya....

mila_faemom mengatakan...

@hanief nuurul: pizza ini memang rada padat tapi cukup empuk, kering dan sedikit berongga2. kalo keras kemungkinan krn adonan blm lembek/basah, coba tambahin lagi airnya sampai cukup lembek.. good luck yaa

@unknown: tentu boleh.. tentu ny dgn mencantumkan sumber/source yaa^^

Dwi Rahayu mengatakan...

Apa teflonnya mesti di minyakin lagi biar gak lengket ? Trus klo pakai oven..bisa gak donannya di wadahin pakai aluminium voil?

tashyatzadyu28 mengatakan...

Mba, di resep mba bilang adonannya di buletkan, tapi di komen mba bilang adonan ngga bisa bulet.
Yg bner gmn? Trus kalo adonannya jadinya lembek apa tetep bisa ngembang ya?

mila_faemom mengatakan...

adonan dibulatkan bukan berarti adonannnya benar-benar bulat seperti bola, bentuknya cukup terkumpul ke tengah(baca: membulat). adonannya bisa mengembang karena ada baking powder meskipun teksturnya tidak mengembang seperti memakai ragi.

darlingenemy mengatakan...

Kraft nya pakaI yang Quick Melt. Jangan Cheddar. Lebuh creamy. Thanks resep nya. :)

Anonim mengatakan...

Enak dan empuk pizzanya mksh untk resepnya

turiscantik.com mengatakan...

Coba ahh

Fitriani Suharno mengatakan...

Mbak sy udah coba.. tp kok bantet yaa.. kemarin sy coba resep blog sebelah yg pake baking soda hasilx sama.. knp ya mbak.. apa krn tll sering memberi terigu pd tangan sy..

mila_faemom mengatakan...

@darlingenemy
that's right.. more delicious^^

@turiscantik.com
silahkan..

@fitriani
terlalu sering memberi terigu ditangan tidak mempengaruhi hasil kecuali terigunya kebanyakan, komposisi tepung dengan bahan lain jd ga' seimbang. Jadi usapkan terigu di telapak tangan sekedarnya aja, good luck..

Erwin Arianto mengatakan...

kalu pake ragi dan pizza mini bage manak bak?...soalx cari resep buat buka usaha sampingan

mila_faemom mengatakan...

Penggunaan ragi akan membuat base pizza lebih berserat dan lembut, resepnya bisa pakai yg berikut http://oishidesuyo.blogspot.co.id/2013/02/pizza-meatlover-cheezy-bites.html atau http://oishidesuyo.blogspot.co.id/2013/02/pizza-enak-empuk-dan-tanpa-ulenan.html

Anonim mengatakan...

Kalau yg pake ragi apa boleh pake merk angel's yeast yg putih atau hrs fermipan?

mila_faemom mengatakan...

ga' harus merk fermipan, boleh pakai ragi kering roti merk apapun^^

dede suryani mengatakan...

Kalau pake oven seng bisa?ad trik khusus kah yang harus di terapkan ketika pakai oven seng?trmksh

mila_faemom mengatakan...

bisa, ga ada trik khusus.. tapi suhu ovennya tinggi ya dan dipanggang sebentar aja, 10 menitan. Good luck yaa^^..

Amelia Salsa Abiila mengatakan...

Ko adonannya nggak bulet ya mba.malah jadi lembek, kurang apa ya itu?

mila_faemom mengatakan...

Coba dibaca lagi keterangannya baik-baik, adonannya memang lembek yaa^^..

bungg hata mengatakan...

Wahh jadi begitu bikin pizza ya mabak,, boleh juga tuh resepnya,wajib di coba nih hitung-hitung ngirit kantong, terimakasih ya mbak resepnya semoga blognya trus maju

Dea Develyna Nofriani mengatakan...

Terimakasih informasinya bu, sangat menarik ^.^

Ikmal Jumas Kosiah mengatakan...

Kalo buat adonan pagi lalu dimasak untuk nanti sore ada pengaruh ke citarasa atau adonan mbak?

mila_faemom mengatakan...

Saya belum pernah coba menyimpan adonan yg tanpa ragi ini di lemari es, jadi maaf ga' bisa beri jawaban. Tapi kalau resep yg memakai ragi bisa di simpan dalam lemari es.